5 Tips Aman Staycation di Masa Pandemi

Kapan terakhir menginap di hotel sebelum masa pandemi? Jika sudah kangen dengan kasur empuk dan masakan hotel, ada beberapa tips aman staycation di masa pandemi lho.

Untuk saat ini justru banyak hotel memberikan diskon harga. Bahkan ada beberapa yang menawarkan paket work from hotel. Jadi, bisa sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Bisa staycation sambil kerja lho di Hotel.

Nah, supaya aman lakukan pembayaran secara cashless ya. Kamu juga bisa kok memanfaatkan aplikasi pinjaman uang online cepat yang sudah bermitra dengan marketplace maupun agen travel online saat pemesanan hotel.

1. Lakukan booking secara online

Paling mudah pemesanan dilakukan secara online. Selain menghindari kontak langsung dengan petugas, kamu juga bisa merencanakan staycation lebih dini. Agar bisa mengatur jadwal lebih fleksibel.

Lakukan booking secara online baik lewat agen travel online kamu, atau juga lewat marketplace seperti Blibli. Keuntunganya, kamu bisa bayar pakai Kredivo lho! Jika transaksi minimal Rp500 ribu, bayarnya bisa kamu cicil sampai dengan 3 bulan. Cukup ringan dan menarik bukan?

Aplikasi pinjaman uang online cepat seperti Kredivo tidak hanya bisa dimanfaatkan untuk pinjam uang saja lho. Kamu bisa membayar berbagai jenis tagihan mulai dari tagihan telepon, handphone, listrik, PDAM, BPJS Kesehatan, dan lain sebagainya hanya dalam satu aplikasi saja. 

Bunga pinjamannya pun cukup terjangkau hanya 2,6% per bulan saja kok. Plafon yang diberikan bagi member premium bisa mencapai Rp30 juta. Jadi, cukup banget buat staycation di hotel bintang lima sekalipun dengan biaya yang ringan karena pembayarannya bisa kamu cicil maksimal sampai dengan 12 bulan. Siapa tahu tertarik menginap di Four Season Jakarta atau Ascott Jakarta yang punya fasilitas mewah. 

2. Pilih menginap di pusat kota saat weekdays

Meskipun dalam kondisi pandemi, ternyata saat weekend juga tempat liburan mulai padat. Contohnya seperti di Puncak, Bogor, yang selalu ramai jika saat akhir pekan.

Nah, daripada terjebak kepadatan dan kemacetan, lebih baik mencari hotel-hotel di tengah kota yang relatif lebih lengang pada saat weekend. 

Sebaliknya, jika saat weekdays, kamu bisa mencari hotel di luar kota atau di pinggiran Jakarta. Karena sudah pasti lebih lowong daripada saat akhir pekan atau musim liburan. Dengan begitu kamu juga tidak akan terlalu banyak bertemu dengan orang. Demi menghindari kerumunan. 

3. Mintalah sarapan di kamar

Beberapa hotel yang yang sudah memberikan sarapan di restonya. Nah, tetapi mereka juga tetap memberikan opsi untuk mengantarkan sarapan kamar kita lho. Meskipun porsinya menjadi terbatas, tetapi kamu tetap bisa memilih menu-menu sarapan favorit kamu diantarkan ke kamar.

Jika tetap ingin sarapan secara langsung di restorannya. Pilih waktu sarapan agak siang diatas pukul 8 pagi. Biasanya jam sarapan hotel akan berlangsung sampai dengan pukul 10 pagi. Jadi, pintar-pintarlah dalam mengatur jam sarapan. 

4. Tetap menerapkan protokol kesehatan

Di manapun berada tetap terapkan protokol kesehatan seperti selalu memakai masker, mencuci tangan sebelum dan sesudah kontak dengan orang lain atau memegang benda-benda yang dipegang publik, serta tetap menghindari kerumunan. 

Kerumunan yang terjadi pada saat staycation biasanya hanya terjadi pada saat sarapan di restoran hotel dan pada saat menikmati fasilitas hotel. Contohnya pada saat berenang. Pilih waktu lebih awal atau paling akhir agar tidak terlalu banyak bertemu dengan orang lain. 

5. Pilih hotel yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat

Beberapa hotel kini memang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat agar bisa membantu memutus mata rantai penularan.

Dampak pandemi sangat dirasakan bagi para pengusaha hotel. Dengan memilih staycation adalah salah satu cara kita untuk membantu industri pariwisata dalam negeri bangkit lagi dan beradaptasi di kenormalan baru yang akan kita jalani sampai pandemi berakhir. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*