Kenali Ciri-ciri dan Penyebab Penyakit Hepatitis B

Perlu kalian ketahui, bahwa gejala hepatitis B tidak selalu muncul pada penderitanya. Di awal kemunculan, biasanya infeksi tersebut akan menyerang system imun tubuh sehingga si penderitanya tidak merasakan gejala apapun. 

Menurut ilmu kedokteran, gejala dari penyakit hepatitis B ini baru akan muncul beberapa bulan setelah infeksi terjadi. Gejala paling umum pada penderita penyakit hepatitis B, yakni perubahan warna mata dan kulit menjadi menguning. Tak hanya itu, penyakit hepatitis B juga bisa tandai dengan beberapa gejala lainnya lho. Nah, untuk mengetahui lebih jelasnya lagi mengenai gejala penyakit hepatitis B, mending kita simak saja langsung ulasan di bawah ini. 

* Gejala Hepatitis B

1. Cairan urine menjadi warna kuning gelap

2. Tubuh yang mudah lelah

3. Feses (tinja) berwarna abu-abu atau pucat

4. Nafsu makan menjadi berkurang

5. Rasa sakit di area perut dan sekitarnya

6. Rasa nyeri di area sendi

7. Mual dan muntah-muntah

* Penyebab Penyakit Hepatitis B

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa semua jenis penyakit itu pasti ada faktor yang menjadi penyebabnya. Begitu juga dengan penyakit hepatitis B, yang memiliki beberapa faktor sebagai pemicunya seperti dibawah ini.

1. Berhubungan Intim Dengan Banyak Pasangan Tanpa Kondom

Apabila kamu melakukan hubungan intim dengan seorang pengidap hepatitis B tanpa kondom, maka kamu pun beresiko besar tertular penyakit tersebut. Soalnya virus ini akan menular melalui cairan sperma, darah, cairan vagina, dan air liur. 

2. Penggunaan Jarum Suntik yang Sembarangan

Selain faktor yang pertama tadi, penggunaan jarum suntik yang sembarangan juga merupakan penyebab dari penularan penyakit hepatitis B. Ya, kamu akan tertular penyakit ini setelah menggunakan jarum suntik bekas si penderita penyakit hepatitis B. 

3. Penularan Dari Ibu ke bayi

Balita juga bisa terinfeksi virus hepatitis B dari ibunya. Itu sebabnya, mengapa bayi yang baru lahir harus diberi vaksin hepatitis B untuk mencegah penularan virus tersebut.  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*