Keutaman Doa Qunut Subuh Yang Luar Biasa

Tuai Perdebatan, Ini Penjelasan dan Waktu Pelaksanaan Doa Qunut

Doa qunut berawal dari sekelompok orang yang datang menghadap Rasulullah SAW. Mereka mengaku seluruh desanya masuk Islam dan membutuhkan pengajaran dan pendidikan Islam. Karena itu, Rasulullah pun mengutus 70 sahabat hafizh Quran untuk mengajari mereka. Tetapi, ketika sampai di Bir Ma’munah, para sahabat tersebut dibantai. Mendengar berita tersebut Rasulullah murka, kemudian mendoakan kecelakaan atas orang-orang yang telah membunuh para sahabat beliau tersebut.

Di setiap sholatnya, beliau mendoakan kecelakaan dan laknat atas mereka bahkan menyebut langsung nama tokoh dan kabilah mereka. Sebagian riwayat menyebutkan beliau berdoa sat ruku sebagian riwayat menyebutkan beliau berdoa saat bangkit dari ruku’ (I’tidal). Hingga turunlah Surat Ali Imran 128-129, dimanaayat tersebut melarang Rasulullah mendoakan kejelekan tersebut.

Karena Rasulullah berbeda dengan Nabi-nabi terdahulu yang umatnya diazab saaat menentang dakwah. Rasulullah memiliki umat hingga hari kiamat. Maka beliau menggantikan doa tersebut dengan doa yang baik, yang dalam istilahnya disebut qunut.

Hadist shahih yang diriwayatkan oleh Abu Daud, An Nasa’I, Tirmidzi dan Ahmad, menerangkan yang artinya :

Ya Alllah berilah aku petunjuk sebagaimana orang ynag telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku perlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi. Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi. Berikanlah berkah terhadap apa-apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Jauhkanlah aku dari kejelekan apa yang Engkau telah takdirkan. Sesungguhnya Engkau yang menjatuhkan hukum dan tidak ada orang yang memberikan hukuman kepada-Mu. Sesungguhnya orang yang Engkau bela tidak akan terhina. Dan tidak akan mulia orang  yang Engkau musuhi. Maha suci Engkau, wahai Rabb kami Yang Maha Tinggi.”

Di dalam doa qunut, Rasulullah meminta petunjuk, perlindungan, kasih saying, keberkahan dan pembelaan Allah, karena sesungguhnya hanya Allah SWT yang kuasa memberikan petunjuk kepada hambanya agar tidak tersesat. Hanyalah Allah SWT yang kuasa memberikan perlindungan kepada makhlukNya dan siapa yang Dia lindungi, tidak akan ada yang bisa mencelakainya. Seseorang yang membaca doa qunut subuh, insyaAllah doanya akan terkabul, seperti apa yang diminta dalam doa qunut, demikianlah Allah memberiNya.

Dalam Mahzab Syafi’I menyatakan bahwa membaca doa dunut itu dianjurkan baik ketika terjadi bencana (nazilah) atau ketika tidak ada bencana (qunut subuh). Begitu pun dengan beberapa sahabat Nabi Muhammad SAW yang juga menganjurkan membaca doa qunut subuh. Sahabat Nabi yang menganjurkan doa qunut subuh adalah Abu Bakar As-Shidiq, Umar bin Khathab, Utsman, Ali, Ibnu Abbas dan Al-Barra bin ‘Azib.

Keutamaan Membaca Doa Qunut

Dengan membaca doa qunut subuh, maka kita akan mendapatkan keutamaanya, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Mendapatkan petunjuk dan dihindarkan dari kesesatan. Sebagaimana yang diminta yaitu “Ya Allah berilah aku petunjuk sebagaimana orang yang telah Engkau beri petunjuk.”
  2. Mendapatkan perlindungan Allah dari marabahaya dan diberi kesehatan. Sebagaimana yang diminta yaitu “Berilah aku prlindungan sebagaimana orang yang Engkau lindungi.”
  3. Akan disayang oleh Allah, sebagaimana doa yang dipanjatkan yakni “Sayangilah aku sebagaimana orang yang telah Engkau sayangi.”
  4. Akan diberikan keberkahan dalam hidupnya. Apa yang telah Allah anugerahkan baik berupa materi ataupun pasangan hidup dan anak-anak yang diberkahi Allah.

Itulah penjelasan singkat mengenai keutamaan doa qunut subuh, yang dapat membuat kita mendapatkan keberkahan, kebahagiaan dan keselamatan di dunia maupun akhirat nanti. Dengan begitu dahsyatnya keutamaan dari doa qunut subuh, maka sejatinya kita bisa mengamalkannya di setiap sholat subuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*