Panduan Memberi Makanan Untuk Hewan Peliharaan Kucing

main image

Kucing merupakan salah satu jenis hewan peliharaan yang disukai banyak orang. Meski banyak kucing liar, banyak juga kucing yang dipelihara di lingkungan rumah. Bagi kalian yang memelihara kucing, sangat penting untuk menentukan makanan kucing maxi yang tepat. Berikut ini ada sedikit panduan yang bisa kalian perhatikan jika ingin memberikan makanan terbaik untuk kucing kesayangan.

Gunakan kombinasi makanan kering dan basah/ kaleng

Lebih baik kalian pertimbangkan memberikan kombinasi dari makanan kalengan dan juga makanan kering untuk kucing. Dengan kombinasi tersebut, maka bisa membantu di kucing agar bisa mendapat cairan lebih baik dibandingkan konsumsi hanya makanan kering. Bagi beberapa kucing yang pemilih soal makanan, bisa saja lebih menyukai variasi makanan seperti ini. Kalau Anda memutuskan memberikan kombinasi tersebut pada kucing, maka berhati-hatilah juga jangan sampai porsinya terlalu banyak. Lebih baik pastikan makanan yang yang diberikan ke kucing pada waktu-waktu makan umumnya. Pastikan juga tersedia kalori serta nutrisi gizi yang memadai.

Lebih baik pilih makanan dengan kualitas tinggi

Di pasaran, sudah ada sangat banyak brand makanan kucing. Belilah makanan dengan berkualitas tinggi. Layaknya makanan manusia, jenis makanan kucing yang berkualitas bisa lebih menyehatkan dan lezat. Makanan yang berkualitas untuk kucing umumnya memiliki kadar protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan sebagainya yang tinggi. Pilih makanan kucing dengan protein serta lemak hewani. Tentunya kucing membutuhkan sumber hewani agar bisa mendapatkan nutrisi yang penting seperti asam arakidonik dan taurin yang tak bisa didapatkan kalau dari makanan nabati. Hindari juga makanan yang terkandung pewarna atau perasa artifisial karena merupakan zat kimia yang berbahaya untuk makhluk hidup.

Mengenal komposisi makanan kucing

Lebih baik kenali terlebih dahulu makanan kucing mendetail mulai dari label makanannya. Mencoba memahami yang ada dalam makanan yang dibeli memang bisa menyulitkan bagi beberapa orang. Cari beberapa petunjuk dan informasi ketika membeli produk makanan kucing karena merupakan hal yang penting. Misal saja jika nama produknya menggunakan kata “tuna” atau “chicken” sebelum “cat food”, produk tersebut biasanya mengandung banyak bahan utama tersebut. Beda halnya dengan “with” yang bisa saja mengandung setidaknya hanya 3 persen saja bahan tersebut. Jadi perlu diperhatikan nama makanan kucing secara lengkap.

Makanan yang mengandung “makanan lengkap” biasanya terkandung daging tidak lebih dari 95% tapi ada 25% lebih kandungan daging tersebut. Biasanya produk-produk makanan kucing seperti ini menggunakan juga biji-bijian dan sumber protein yang lain. Sehingga bisa menambah kuantitas bukan kualitas. Ada juga perbedaan “meat,” dengan “meat by product” atau turunan daging. Bisa juga ada label “cincang atau meal.” Biasanya kalau ”Daging”, maka mengacu kepada daging baik itu lemak dan otot hewan yang menjadi  sumber protein dengan kualitas paling tinggi. Sementara turunan daging itu adalah bagian yang bukan daging bersih seperti misal tulang, organ tubuh, darah dan otak.

Makanan seperti itu tidak buruk bagi kucing tetapi mungkin protein yang berkualitasnya lebih rendah daripada yang daging. Lalu untuk cincang, biasanya tulang atau jaringan yang dicincang secara halus dan sering dianggap sumber protein tetapi berkualitas terendah. Itulah beberapa tips panduan yang bisa kalian perhatikan. Kalian bisa juga mempertimbangkan memberikan makanan sendiri di rumah untuk kucing. Jadi kalian bisa menambahkan bahan-bahan sehat dan terhindar dari zat kimia tambahan agar kucing bisa lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*