Perhatikan Hal-hal ini, Maka Bisnismu Tidak Akan Bangkrut!

Seperti yang sudah kita ketahui, bahwa kebangkrutan merupakan momen yang paling ditakuti oleh setiap pelaku usaha. Ya, kebangkrutan ini tidak hanya berlaku bagi pemula saja, namun juga bagi pemain lama. Namun, yang paling sering mengalami kebangkrutan itu adalah para pemula lho. Lantas, hal-hal apa sajakah yang harus kita perhatikan agar tidak bangkrut? Nah, biar lebih jelasnya lagi, mari kita simak saja langsung ulasan di bawah ini.

1. Mulailah Dengan Bisnis Skala Kecil

Jenis apapun bisnis yang akan kamu jalani, tentunya akan ada risiko yang mungkin saja terjadi. Jika kamu termasuk pemula, maka kamu harus lebih cermat lagi dalam menentukan jenis bisnisnya. Dengan kata lain, jangan sampai kamu terburu-buru dalam memilih bisnis hanya karena mengikuti tren saja. Pasalnya, tak sedikit para pelaku usaha yang mengalami kebangkrutan karena bisnis yang dijalaninya itu bukan berdasarkan keahliannya lho. Maka dari itu, pilihlah bisnis yang benar-benar kamu minati dan dikuasai. Dalam hal ini, pilihlah bisnis yang bermodalkan kecil namun menggiurkan.

2. Usahakan Untuk Tidak Ngutang!

Memang tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa salah satu faktor yang membuat kita enggan memulai bisnis itu karena keterbatasan modal. Itu sebabnya, meminjam modal merupakan alternative yang paling sering dilakukan agar bisa memulai bisnis. Jika kamu meminjam modal untuk membuka usaha, maka konsentrasimu akan terbagi dua. Ya, di satu sisi kamu harus memikirkan cara untuk mengembangkan bisnis, sedangkan sisi lainnya kamu harus membayar hutang. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menabung terlebih dulu ketimbang harus meminjam uang untuk modal.

3. Mengatur Keuangan Dengan Baik

Tips anti brangkut lainnya dalam menjalani bisnis, yakni harus mengatur keuangan dengan baik. Dalam hal ini, lakukan secara terus menerus dengan cara mengevaluasi berbagai kekurangan pada operasional sebelumnya. Apabila operasional dalam bisnis berjalan tidak sesuai perhitungan, maka jangan harap bahwa usia bisnis yang sedang kamu jalani itu akan berumur panjang. Disamping itu, kamu juga harus memisahkan antara uang pribadi dengan uang bisnis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *