Prosedur Tenaga Medis Sebelum Memberikan Vaksin Covid-19

Evolusi Virus Bisa Gagalkan Vaksin Corona?

Tentunya kamu sudah mengetahui jika waktu dekat ini pemerintah akan berencana melakukan penyebaran vaksin Covid di Indonesia. Pemerintah telah memesan satu vaksin yaitu sekitar 6,6 juta dosis yang tiba pada bulan November. Kemudian Kementerian Kesehatan selaku pelaksana program vaksinasi memang telah membuat alur pemberian vaksin covid-19 tersebut.

Sebagaimana yang telah dikutip oleh laman resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia berdasarkan pada Petunjuk Teknis Pelayanan Imunisasi Covid-19 Kementerian Kesehatan Terhadap Alat Pembayaran dapat dilakukan melalui 5 tahapan. Hal tersebut meliputi penambahan skrining pemberian vaksin kejadian ikutan pasca imunisasi dan proses pemilihan sekitar kurang lebih 30 menit sambil dipantau oleh tenaga kesehatan yang sedang bertugas.

Pemeriksaan Biodata Pasien

Vaksin Corona Rusia, Sputnik V Efektif hingga 95 Persen

Kemudian pada saat melakukan eksperimen tersebut maka calon penerima vaksin nantinya akan terlebih dahulu diungkapkan identitasnya, adanya gejala yang sama seperti halnya covid-19. Apakah ada riwayat penyakit terdahulu, riwayat penggunaan obat sebelumnya, dan apakah ada beberapa vaksin yang dilakukan dalam waktu 1 hari sampai dengan 14 Hari terakhir dan kondisi kehamilan.

Di samping itu juga, memang penerima vaksin covid juga akan diberikan sebuah tindakan yang akan diberikan suntikan dan vaksin diberikan 5 kali yaitu pada hari pertama pemberian vaksin dan berikutnya adalah pada hari ke-14.

Kemudian menerima vaksin akan menuju ke ruang KIPI. Di tempat tersebut kamu tidak menerima vaksin akan dijelaskan tentang apa yang dimaksud dengan KIPI, gejala-gejala yang kemungkinan akan timbul setelah pemberian vaksin dan bagaimana cara penanganannya.

Selanjutnya pasien akan diarahkan menuju ruang tunggu dan diarahkan kemudian untuk dapat menunggu selama jangka waktu 30 menit agar dapat melihat apakah ada gejala yang muncul nantinya.

Setelah 30 menit kemudian penerima vaksin dapat meninggalkan ruangan dan apabila memang gejala terjadi pada saat sampai di rumah atau beberapa hari setelah vaksinasi, maka diharuskan segera memeriksakan diri mereka ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Saat ini Kementerian Kesehatan sendiri sudah melakukan simulasi vaksinasi convid 19 di beberapa Rumah Sakit. Salah satunya adalah Rumah Sakit J leimena, Ambon, Maluku. Berdasarkan apa yang dikemukakan oleh direktur fasilitas pelayanan kesehatan Kementerian Kesehatan sendiri yang dikatakan bahwasanya simulasi produksi tersebut dilakukan secara pasti dan teratur.

Dimulai dari jalur pertama masuk sampai dengan keluar makan termasuk dalam hal ini adalah ketika berada dalam kondisi gendut dan komitmen sumber daya manusia.

Pernah Dilakukan di Puskesmas

Proses vaksin covid juga telah dilakukan di puskesmas Abiansemal 1 yang melaksanakan dengan mematuhi sistem alur yang sudah ditentukan. Sistem alur sendiri merupakan sebuah tatalaksana dan prosedur bagi peserta yang akan menjalani uji coba vaksinasi mulai dari kedatangan ke puskesmas pemberian vaksinasi sampai dengan setelah vaksinasi.

Pada tahap ini nantinya vaksinasi yang dilakukan oleh peserta dilakukan untuk mengetahui apakah ada komorbid atau penyakit penyerta yang diidap pemeriksaan fisik sederhana seperti halnya pemeriksaan tekanan darah yang juga akan dilakukan.

Kemudian setelah itu peserta akan menunggu 30 menit apabila lolos pada tahap pertama itu mengungkapkan telah melihat apakah ada reaksi atau efek samping dari vaksin yang diberikan.

Selama peserta tersebut menunggu maka akan diberikan juga sosialisasi terkait dengan protokol kesehatan dan penerapan pola hidup bersih dan sehat. Tentang lamanya simulasi ini keselamatan dan kesehatan tenaga kesehatan serta konservasi menjadi hal yang paling utama harus diperhatikan.

Itulah beberapa dari mereka prosedur yang harus dilakukan dalam melakukan pemberian vaksin covid. Salah satu dari pada platform yang turut andil dalam penyebaran informasi berkaitan dengan Covid-19 adalah Halodoc. Halodoc juga akan menyediakan bagi para pembacanya untuk dapat melakukan rapid test. Informasi yang diberikan di dalam website tersebut berkaitan dengan kesehatan juga begitu lengkap

Bahkan di aplikasi Halodoc ini dapat melayani konsultasi online, cari Rumah Sakit terdekat, dan bisa beli obat online yang obatnya akan diantarkan oleh driver Gojek. Jadi, aplikasi Halodoc ini bisa membantu kita semua. Yuk install sekarang!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*