Selain Lezat Durian Punya 7 Manfaat Ini Loh!

Durian Montong  | TaniHub
source gambar : tanihub.com

Siapa sih yang tidak kenal dengan buah durian? Buah yang satu ini memang dikenal sebagai buah yang memiliki julukan king of fruits atau yang di dalam bahasa Indonesia disebut dengan buah raja. Pasalnya, durian memang memiliki ciri khas yang unik, yaitu aroma yang tajam serta kulit buahnya yang berduri.

Akan tetapi, tidak bisa dipungkiri bahwa sekalipun durian memiliki rasa yang manis, mencari durian yang manis bukanlah hal yang mudah. Untungnya, sekarang kita bisa mengandalkan TaniHub yang menyediakan produk durian berkualitas terjamin manis. TaniHub sendiri merupakan sebuah platform penyedia produk sayur dan buah terbaik dari Indonesia. Ketika kita membeli di TaniHub, maka kita pun telah memberikan dukungan terhadap kemajuan petani di Indonesia.

Sementara itu, durian sendiri dapat kita olah menjadi bermacam-macam makanan, dessert, maupun minuman. Beberapa diantaranya seperti jus, selai, serta ice cream. Dan pastinya, durian juga cocok untuk disantap langsung. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata bukan hanya rasanya saja yang lezat, karena buah yang satu ini juga memiliki khasiat untuk meningkatkan kesehatan tubuh kita. Untuk lebih jelasnya, mari sama-sama kita simak uraian berikut!

1. Mengontrol kadar gula darah menurun

Siapa sangka, dibalik rasa manis yang dimiliki durian, ternyata buah yang satu ini juga tidak meningkatkan kadar glukosa pada darah kita loh! Maka dari itu, tidak heran apabila kadar gula dalam darah kita dapat tetap terjaga. Apalagi, buah yang satu ini juga memiliki indeks glikemik yang rendah dibandingkan beberapa jenis buah lainnya, misalnya seperti semangka, nanas, maupun pepaya.

2. Menekan risiko terkena penyakit jantung dan tekanan darah tinggi

Penyakit jantung dan tekanan darah tinggi memang menjadi momok yang menakutkan dan dapat mengancam kesehatan. Maka dari itu, kita pun harus selalu melakukan antisipasi dan mengonsumsi buah yang dapat menekan risiko terjadinya kedua penyakit tersebut. Nah, salah satu jenis buah yang direkomendasikan ialah durian.

3. Memelihara kesuburan

Siapa sangka, konsumsi durian pun berperan penting agar kualitas kesuburan dapat selalu terjaga. Apalagi, durian pun memang dapat kita andalkan untuk mengurangi dampak masalah ovulasi maupun siklus menstruasi yang diderita oleh penderita sindrom polikistik ovarium (PCOS). Tentu saja, hal ini pun masih terus membutuhkan penelitian lebih lanjut terkait fungsi durian maupun pengaruhnya pada hormon estrogen wanita.

4. Mengatasi infeksi

Ketika tubuh kita mengalami infeksi, maka durian bisa berfungsi untuk melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri. Di samping itu, buah yang satu ini pun memiliki kandungan antioksidan, beberapa contohnya seperti tanin, terpenoid, serta flavonoid. Ternyata, kandungan tersebut pun penting untuk melawan bakteri penyebab jerawat.

5. Mengurangi risiko penyakit kanker

Saat kita mengonsumsi durian, kandungan oksida nitrat yang terdapat pada buah ini juga dapat menekan pertumbuhan kanker payudara. Di samping itu, ada juga kandungan polifenol pada durian yang mengurangi apoptosis, sebuah proses yang memicu perkembangan sel kanker.

6. Meningkatkan kesehatan tulang dan gigi

Gigi dan tulang kita akan menjadi lebih sehat berkat konsumsi durian. Soalnya, durian memiliki kandungan berupa zat besi, kalsium, maupun fosfor yang kaya. Kandungan ini memiliki peranan penting untuk kekuatan tulang dan gigi.

7. Meningkatkan mood

Siapa sangka, buah yang rasanya lezat dan manis ini pun bisa meningkatkan suasana hati kita dan membuat kita menjadi lebih bahagia. Hal tersebut disebabkan oleh tryptophan yang akan meningkatkan kadar serotonin pada tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*